Ngabuburit on-line bersama MI Al Khoiriyyah 01 Semarang

Ngabuburit on-line bersama MI Al Khoiriyyah 01 Semarang

Semarang.Ramadhan 1442 H kali ini tentu berbeda, Ramadhan ditengah cobaan penyebaran Covid-19 membuat aktifitas dibatasi bahkan mungkin dihentikan, namun tidak demikian dalam kegiatan pembelajaran di MI Al Khoiriyyah 01 Semarang. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi aktifitas rutin yang dilakukan oleh asatidz, demikian juga rutinitas kegiatan yang dilakukan saat datangnya bulan suci Ramadhan, salah satunya Buka puasa bersama yang biasanya dilaksanakan di madrasah. Tetapi di masa pandemi ini, kegiatan buka bersama diganti dengan Ngabuburit yaitu menanti berbuka puasa yang dilaksanakan secara on-line atau virtual. Begitupun kegiatan  yang dilakukan di MI AL Khoiriyyah 01 saat kondisi sekarang ini. Kegiatan Ngabuburit ini dilaksanakan setiap pekan, yaitu di hari Ahad mulai pukul 16.00 sampai 17.30. melalui aplikasi zoom meeting.

Seluruh talamidz kelas 1 sampai 6 mengikuti acara tersebut secara daring dari rumah. Para talamidz sangat antusias dalam acara tersebut. Rangkaian acara yang dikemas meliputi tahfidz bersama, tausiyah dan berkisah dari para asatidz, tampilan dari talamidz dan juga kuis di akhir acara. Acara ini bermuatan spiritual, sosial, kognitif dan ketrampilan. Dari segi spiritual, talamidz mendengarkan tausiyah yang isinya motivasi dalam beribadah dan juga meeningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Dari segi sosial, talamidz bisa bersosialisasi dengan seluruh talamidz yang lain, tentu saja sikap saling menghargai, menghormati, tidak ingin menang sendiri akan diterapkan saat acara tersebut, terutama saat sesi kuis yang harus dijawab oleh para talamidz. Dari segi kognitif, para talmidz akan mendapat banyak ilmu dari kisah-kisah yang disampaikan tentang sejarah dan pengetahuan Islam. Dan dari ketrampilan, karena talamidz dilatih untuk bisa mengeluarkan ketrampilan yang mereka kuasai, seperti kemampuan tahfidz, khitobah dan bahkan bermain musik.

 

Kepala Madrasah  Siti Muthiah mengatakan, meski dengan suasana kondisi sekarang dimana aktifitas sekolah dilakukan dengan online atau jarak jauh dan tidak diperbolehkan mengumpulkan siswa, madrasah harus berupaya membuat kegiatan Ngabuburit yang menyenangkan disesuakan dengan kondisi yang ada. Kegiatan Ngabuburit yang menjadi aktifitas rutin setiap bulan suci Ramadhan pun tetap dijalankan, namun dilakukan dengan daring atau online. Ada beberapa kegiatan yang telah diramu menyesuaikan kondisi, namun tidak menghilangkan keceriaan ngabuburit yang biasa diadakan. Siti Muthiah juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dari seluruh wali talamidz karena sudah mendukung acara ini dengan menyediakan fasilitas untuk anaknya, sehingga bisa mengikuti acara Ngabuburit ini.

Waka Kesiswaan ustadz Singgih selaku penanggung jawab kegiatan ini menjelaskan, segenap asatidz penyelenggara kegiatan membuat kegiatan yang memfasilitasi tahapan belajar siswa dalam memanfaatkan momentum Ramadhan dengan kegiatan positif namun tetap menyenangkan, serta memperkenalkan esensi bulan Ramadhan dengan bermacam-macam kegiatan yang dapat mengajak siswa menyadari keistimewaan bulan Ramadhan agar berlomba-lomba dalam kebaikan walaupun dalam kondisi wabah sekarang dan justru menjadi momentum utuh belajar esensi puasa .

Kegiatan Ngabuburit  online yang dilakukan adalah wujud kolaborasi utuh dalam proses pembelajaran antara asatidz, talamidz, dan tentu orang tua yang hebat dirumah masing-masing. (NH/Alkho 01)

Share this Post