Prestasi Talamidz talamidzah MI Al Khoiriyyah  01

Prestasi Talamidz talamidzah MI Al Khoiriyyah 01

Semarang- Setelah hampir 1 tahun  lebih kita belajar di rumah dikarenakan adanya pandemi Covid 19, talamidz talamidzah MI Al Khoiriyyah 01 Semarang tetap berprestasi baik dalam bidang pendidikan akademik maupun non akademik, begitu pula di bidang tahfidz.

Berkat kerjasama yang baik antara orangtua, ustadz ustadzah walikelas maupun ustadz/ ustadzah pengampu tahfidz, sehingga menghasilkan prestasi dari talamidz talamidzah yamg sangat luar biasa.

Selama pandemi Covid 19, MI Al Khoiriyyah 01 Semarang melaksanakan pembelajaran daring. Talamidz talamidzah MI Al Khoiriyyah 01 Semarang melakukan pembelajaran secara mandiri di rumah dengan arahan ustadz ustadzahnya. Pembelajaran daring di MI Al Khoiriyyah 01 ini menggunakan aplikasi Whatsapp, Goolge Claasroom dan aplikasi smartschool sedangkan pembelajaran tahfidz melalui video, video call dan zoom meeting.

Kepala MI Al Khoiriyyah 01 Semarang, Siti Muthiah menyatakan komitmennya, bahwa dirinya dan segenap ustadz ustadzah tetap memberikan pelayanan dan pantauan pembelajaran di masa pandemi Covid 19 dengan sebaik mungkin. Terutama di bulan Ramadhan tahun 1442 H ini, di fokuskan ke tahfidz. Ustadz ustadzah mengarahkan talamidz agar tetap belajar secara menyenangkan di rumah, dengan terarah dan terukur, sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Ustadz ustadzah dan talamidz talamidzah melaksanakan proses belajar mengajar secara daring sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, di bulan Ramadhan ini lebih difokuskan ke pembelajaran tahfidz. Diharapkan kelak akan muncul generasi muda muslim yang benar benar memahami Islam, sekaligus memiliki kemampuan dan kesadaran untuk menyampaikan risalahnya di tengah masyarakat, dengan bekal hafalan al Qur’an, ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum.

Dalam pelaksanaan pendidikan Islam di MI Al Khoiriyyah 01 Semarang sudah dinyatakan bahwa kualitas talamidz talamidzah dalam arti kemampuan dasar dan kecerdasan talamidz talamidzah selalu ditonjolkan dan diprioritaskan. Ketika kualitas menjadi prioritasnya dan dibantu kerjasama dengan orangtua yang baik, dan didukung sarana prasarana yang baik maka akan tercetaklah generasi yang kita harapkan tadi.

Pada tahun ajaran 2020/2021 ini, alhamdulillah MI Al Khoiriyyah 01 Semarang sudah melaksanakan ujian tahfidz bagi talamidz talamidzah. Dari hasil ujian tersebut dapat dilihat hasil prestasi talamidz talamidzah MI Al Khoiriyyah 01 Semarang. Hasil ujian tersebut yang paling menonjol adalah keberhasilan  talamidz/talamidzah yang sudah menghafalkan 3 juz dalam Al Qur’an. Mereka adalah M. Ibrahim Fahrudin Arrozi (kelas 2), Syifa Dyrina Irawan (kelas 3), Novita Wahyuningrum (kelas 3), Revan Adicandra Firmansyah, Soraya Fatimah (kelas 5), dan, Sayyeda Farah Amiqotudz Dzihni (kelas 6). Demikianinibentuk kerjasama kami antara madrasah dan orang tua wali talamidz sehingga menghasilkan sesuatu yang sungguh luar biasa dan sangat membanggakan kita semua.

Sementara itu ustadzah Nurul Hidayah, selaku wakakur MI Al khoiriyyah 01 Semarang menyatakan jam pelajaran untuk tahfidz memang jauh lebih banyak dibanding mapel lain. Delapan jam dalam satu pekan untuk tahfidz tersebut. Seluruh ustadz ustadzah setiap hari menerima setoran lewat video, video call dari talamidz talamidzahnya kapanpun juga. Untuk murojaah harian menggunakan zoom meeting agar bisa bertatap muka dengan ustadz dan teman lainnya.

Keberhasilan yang diperoleh dari talamidz talamidzah MI Al Khoiriyyah Semarang ini, diapresiasi para orangtua talamidz talamidzah. Rif’an, orangtua Muhammad IbrahimFahruddin Arrozi (Aim), yang duduk di kelas 2 dan sudah menghafalkan 3 juz, mengucapkan syukur pada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan anaknya dalam menghafalkan sebagian ayat-ayat Al Qur’an dan juga mengucapkan terimakasih atas bantuan dari para ustadz ustadzah yang telah ikhlas membantu, memberikan semangat, membimbing, mendidik dan mendoakan anaknya. Mohon doanya semoga ilmunya manfaat dan jadi anak sholih yang berakhlaqul Karimah.

Demikian pula Diah Khoirina, orangtua dari Syifa Dyrina Irawan menyatakan pembelajaran tahfidz di Al Khoiriyyah 01 bagus sekali. Lebih bagus dari sekolah sekolah lain yang ada di Semarang. Ini adalahsalahsatu alasan mengapa memasukkan anaknya di madrasah Al Khoiriyyah 01 Semarang,walaupun hari Ahad masuk sekolah. Kata beliau, kerjasama antara madrasah dengan wali talamidz adalah bentuk kerjasama yang memaksa, akan tetapi memaksa yang bagus. Karena terkadang dari sistem pemaksaan dengan suatu pola, lama-kelamaan akan menjadi sebuah kesadaran dan akan terbiasa dengan sendirinya.Diah Khoirina, menyatakan metode yang diterapkan kepada anaknya selama pembelajaran daring ini sebagai bentuk kerjasamanya dengan madrasah. Setiapharianaknya harus menyetorkan hafalan kepadanya, boleh melakukan hobinya atauaktifitas yang disenanginyabila sudah hafalan dan setoran.

Demikian juga target dari YPI Al Khoiriyyah Semarang yang mencetak generasi penghafal Al Qur’an. Itulah yang memacu dan mendorong para wali talamidzmempercayakan anaknya di YPI Al Khoiriyyah Semarang.

Alhamdulillah anaknya sudah masuk Al Khoiriyyah dari RA sehingga sudah mengetahui cara pembelajaran tahfidz di MI Al Khoiriyyah 01 Semarang sehingga sangat membantu sekali saat harus belajar di rumah ( daring) di masa pandemi Covid 19 saat ini.(SM/Alkho 01)

Share this Post