Ujian Praktik dimasa Pandemi? Why not!

Ujian Praktik dimasa Pandemi? Why not!

Tidak bisa dipungkiri lagi pandemi covid-19 yang sudah melanda selama setahun lebih satu bulan di Indonesia menghambat kegiatan dalam berbagai aspek baik Kesehatan, ekonomi, industri bahkan Pendidikan. Alhamdulillah, sekarang mulai ada kebangkitan dari berbagai bidang juga terutama di bidang Pendidikan. MTs AL Khoiriyyah mulai dari hari Kamis 8 April 2021 sampai 18 April 2021 mengadakan ujian praktik yang berlangsug dengan lancar.

Sebenarnya apa tujuan dari adanya pelaksanaan ujian praktik? Ujian Praktik adalah kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tertentu yang lebih menekankan pada psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik. Pelaksanaan ujian praktek dilakukan dengan tujuan untuk:

  1. Mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran yang telah ditentukan
  2. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan pembelajaran, kecakapan dan keterampilan peserta didik selama menempuh pendidikan di MTs Al Khoiriyyah Semarang.

Pelaksanaan Ujian Praktik juga berfungsi sebagai Bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah, Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran di madrasah, Alat pengendali mutu Pendidikan, dan Pendorong peningkatan mutu pendidikan pada madrasah.

Pada hari Ahad, 18 April 2021 telah dilaksanakan ujian praktik IPA dari pukul 07.30 – 11.30 WIB dengan lancar dan tentunya sesuai protocol Kesehatan. Talamid yang berjumlah 27 anak dibagi menjadi 9 kelompok. Tiap kelompok berjumlah 3 anak. Ada 3 Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang harus mereka kerjakan yaitu Mengetahui Hukum Ohm dan PH Meter Menggunakan bantuan Phet Simulations dan membandingkan nilai PH dari berbagai larutan dengan Phet simulations tersebut. Diharapkan dengan peaksanaan Ujian Praktik IPA tersebut talamid secara langsung mengalami secara langsung sesudah menerima pelajaran secara teoritis.

Share this Post