TETAP AKTIF DAN KREATIF DI MASA PANDEMI

TETAP AKTIF DAN KREATIF DI MASA PANDEMI

Pandemi COVID 19 yang menyebar hampir di seluruh Negara di dunia termasuk Indonesia memberikan dampak yang dirasa merugikan dalam berbagai aspek diantaranya aspek pendidikan. Untuk mencegah penularan COVID 19 maka menteri pendidikan menerbitkan surat edaran tentang Pelaksanaan Pendidikan di Masa Darurat, diantaranya membahas tentang belajar dari rumah.

Pendidikan Anak Usia Dini Play Group RA Al Khoiriyyah berusaha menyesuaikan diri menghadapi perubahan model pembelajaran yang semula terjadi kontak langsung antara guru dan murid berubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Ini bukan hanya tantangan bagi guru di sekolah tetapi juga tantangan bagi orang tua murid di rumah. Namun, dengan adanya kerjasama yang baik antara orang tua dan guru membuat anak/ murid tetap semangat untuk selalu aktif dan kreatif menghasilkan karya.

Guru atau di PG RA Al Khoiriyyah kami biasa dipanggil dengan sebutan ustadz dan ustadzah selalu membuat perencanaan pembelajaran, membuat jadwal belajar, membuat lembar kreatifitas anak kemudian kami informasikan kepada orang tua/ wali murid melalui WA grup, video pembelajaran, zoom, video call, dan perngambilan tugas di sekolah dengan tetap mematuhi protocol kesehatan. Selanjutnya ustadz/ustadzah memantau proses pembelajaran anak di rumah dan memberikan motivasi kepada orangtua untuk membimbing pembelajaran putra/putrinya di rumah. Hasil belajar dikirim dan didokumentasi sebagai bukti bahwa pembelajaran telah terlaksana.

Compilled by: Ustdh. Indah PG RA Al Khoiriyyah 2

Share this Post