CARA MENGEKSPLOR MINAT dan TALENTA ANAK di MASA PANDEMI dengan BELAJAR DARI RUMAH

CARA MENGEKSPLOR MINAT dan TALENTA ANAK di MASA PANDEMI dengan BELAJAR DARI RUMAH

sekolah diliburkan karena wabah covid 19, bukan berarti kita tidak bisa melaksanakan pembelajaran. Guru dan Walimurid perlu ada kerjasam agar pendidikan Belajar dari Rumah dapat terlaksana. Talamidz Raudhatul Athfal kegiatannya bersifat belajar sambil bermain. Guru dibantu orang tua membuat dan melaksanakan kegiatan bermain sambil belajar dengan mudah, baik dari segi media, alat dan bahan.

v  Salah satu cara Belajar dari Rumah yang menyenangkan dengan memniarkan anak menemukan minatnya sendiri. Perhatikan aktivitas yang anak selalu pilih, terutama waktu luang.

v  Cara melihat minat anak dengan bereksperimen dalam bermain dan belajar. Jangan berasumsi anak tidak berbakat hanya karena belum menemukan minatnya.

v  Untuk menstimulan minat anak dalam bereksperimen. Orang Tua bisa membantu anak membuka diri dengan bertanya hal hal yang menarik.

v  Jika saat bereksperimen belajar dan bermain melakukan kesalahan, Jangan langsung dimarahi, beri pengertian dan terima kesalahan anak. Jika anak harus melakukan semua hal dengan sempurna, maka tidak ada ruang bagi anak untuk belajar berani mengambil resiko

v  Motivasi anak untuk berani tapi jangan tekan anak untuk meminimalisir Stress pada anak.

 

Anak adalah titipan Allah SWT, maka kita sebagai orang dewasa yang diberikan amanah mulia maka kita perlu mengupayakan sebaik mungkin dan sesuai syariat islam dalam mendidik dan merawat anak sebagai bentuk pertanggung jawaban kita. (Semarang- Susi Kurniasari S.Psi)

Share this Post