Amhal Kaefahmi: PAT Melalui Sistem Daring Berjalan Lancar

Amhal Kaefahmi: PAT Melalui Sistem Daring Berjalan Lancar

Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 02 April 2020

Semarang – Pengawas Madrasah Kemenag Kota Semarang, Amhal Kaefahmi mengatakan, berdasar hasil pemantauan pengawasan pada madrasah binaan diperoleh laporan bahwa, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kota Semarang melalui sistem Daring berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

Guru melaksanakan PAT dengan cara mengirimkan naskah soal yang difoto atau discan kemudian dikirimkan ke siswa. Ada pula yang menggunakan fasilitas aplikasi google form dan google clasroom (GCR). Pelaksanaan PAT melalui sistem Daring ini ditempuh sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang semakin meluas.

Demikian disampaikan Amhal Kaefahmi, dalam laporan capaian kinerja selama melaksanakan Work From Home (WFH) dari Yogyakarta, Kamis (2/4/2020). Pelaksanaan PAT berjalan lancar, karena siswa dan orang tua juga bisa diajak kerjasama dengan baik.

“Selama pandemi Corona ini, guru tidak boleh memberikan tugas yang membebani siswa. Yang perlu dipastikan adalah, selama belajar di rumah, anak-anak tidak keluar rumah jika tidak perlu, apalagi malah rekreasi,” tegasnya.

Ia mencontohkan, pelaksanaan pembelajaran dan penilain di MI Al Khoiriyyah 1 Kecamatan Semarang Selatan, MI Hidayatul Mubtadiin Kecamatan Gayamsari, dan MI Tarbiyatus Syibyan Kecamatan Pedurungan. Di tiga MI tersebut menggunakan google class room, grup WA, dan Video call.

“Teknis pemberian tugas diatur dengan cara membuat jadwal harian, tuturAmhal Kaefahmi.

Dikatakannya, setiap pagi mereka mengirimkan tugas lewat GCR dan dilaporkan melalui WA grup kelas masing-masing, dan waktu pelaporan telah melaksanakan tugas dari siswa, dibatasi sampai pukul 20.00. Setelah itu guru merekapnya dan melaporkan nilainya secara berkala. Untuk pembelajaran tahfidz dan tahsin juga memanfaatkan video dan video call.

“Kegiatan kami setiap hari diantaranya, tahsin, tahfid,  Tugas Claasroom, dan pemutaran video tentang covid-19 secara berkala,” tutur Muti’ah, kepala MI Al Khoiriyyah 1.

Kepala MI Hidayatul Mubbttadiin, Amat Komari menyebutkan, di MI yang dipimpinnya menggunakan cara, guru memberikan soal setiap hari sesuai dengan jadwal PAT yang telah di buat dan sudah di berikan kepada seluruh siswa. PAT dilakukan dengan menggunakan google formulir dalam pembuatan soal online.

“Siswa mengerjakan soal PAT secara online sesuai dengan jadwal dan waktu PAT yang telah di berikan,” ucap Amat Komari.

Sedangkan kepala MI Tarbiyatus Syibyan Kecamatan Pedurungan, Achmad Thoefuri menyatakan, pihaknya melaksanakan PAS semester genap menggunakan soal yang dikonverssi ke bentuk JPG, lalu dikirim ke WA grup wali murid. (Amhal Kaefahmi/bd)

Share this Post