MI Al Khoiriyyah 01 Lakukan Field Trip di BPTIK Dikbud Provinsi Jateng

MI Al Khoiriyyah 01 Lakukan Field Trip di BPTIK Dikbud Provinsi Jateng

MI Al Khoiriyyah 01||19 Oktober 2019

Semarang - Talamidz MI Al Khoiriyyah 01 melakukan pembelajaran di luar sekolah atau field trip dengan mengunjungi Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (BPTIK Dikbud) yang berada di Jl.Tarupolo Tengah no. 7 Kec. Semarang Barat Kota Semarang, Senin – Kamis (14-17/10).

Kepala MI Al Khoiriyyah 01, Siti Muthiah mengatakan, kegiatan field trip merupakan acara rutin yang dilakukan  madrasah setiap akhir pelaksanaan Penilaian Tengah Semester, dengan mengunjungi berbagai tempat yang bisa dijadikan bahan edukasi bagi talamidz-nya.

“Kali ini mengunjungi BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini, terbagi menjadi 3 gelombang karena keterbatasan tempat di BPTIK, Gelombang pertama yang berkunjung adalah talamidz kelas 5 dan 6, dengan jumlah 82 orang, gelombang kedua talamidz kelas 3 dan 4 dengan jumlah 89 orang, dan gelombang ketiga yaitu talamidz kelas 1 dan 2 dengan jumlah 89 orang. Jumlah keseluruhan talamidz adalah 260 orang,”  jelasnya .

Setelah sampai di BPTIK talamidz dikumpulkan di aula, untuk diberi pengarahan tentang BPTIK dan wahana yang akan dikunjungi. Selanjutnya talamidz dibagi menjadi 3 kelompok, dan dilanjutkan mengunjungi wahana-wahana yang berada di BPTIK.

Di wahana Jelajah Angkasa, talamidz disuguhi home theater yang mempesona, menyajikan 52 juta foto jagad rayasecara real time, hasil pencitraan Teleskop Hubble NASA sejak tahun 1970. Talamidz mendapat pengalaman baru dan luar biasa. Di sana terdapat planet, bintang dan galaksi dilihat dengan cara diperbesar, sehingga melihat dengan jelas dan mempesona. Talamidz melihat dan menikmati milyaran ciptaan Allah SWT “Subhanallah, maha besar Allah”, ungkap salah satu talamidz.

Wahana Virtual Reality merupakan salah satu yang paling disukai anak.Talamidz dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Kebetulan dunia itu adalah dunia dinosaurus. Talamidz serasa di dunia dinosaurus yang sangat mengasikkan, seperti bisa menyentuh dengan tangan kita, bahkan seperti bisa mengejar. Ada anak yang suka, tetapi ada juga yang merasa takut. “Dionosaurusnya terlalu dekat, serem ustadzah”, ujar Elyatalamid kelas 2.

Wahana selajutnya, adalah ruang E-Learning, di mana talamidz akan tertarik mencoba membuka ribuan content pembelajaran audio visual dan film documenter yang bersumber dari Nation Geographic. Studio Audio dan Video, talamidz belajar untuk membuat video dan audio. Seluruh talamidz tertawa saat temannya mengarahkan kamera ke teman-temannya. “Hehe aku ada di TV”, ujar Novita talamidz kelas 2.  

Siti Muthiah berharap, field trip ini mampu menambah wawasan talamidz, memahami apa yang dilihat dari tempat-tempat yang dikunjungi, dan menjadi bekal ketika dewasa nantinya. (nh/sby/bd)

Share this Post